Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengetahui Situs Web Resmi atau Tidak yang Harus Kamu Ketahui

Teruntuk kamu yang sering melakukan pencarian di browser tentunya harus akan membutuhkan cara mengetahui situs web resmi atau tidak.

Hal ini sangatlah penting sekali dilakukan supaya kamu terhindari dari kejahatan siber yang menggunakan sebuah website penipuan/ scam.

Scamming merupakan salah satu website palsu yang tentunya harus kamu hindari dengan cara melakukan pengecekan.

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak sekali cara untuk mengetahui situs web resmi atau tidak, yuk kenali apa saja caranya di bawah.

Cara Mengetahui Situs Web Resmi atau Tidak

Cara Mengetahui Situs Web Resmi atau Tidak

Berikut ini kami sudah merangkum sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui apakah situs web resmi atau tidak, supaya nantinya para pengguna internet dapat terhindar dari scam:

1. Cek URL Situs

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah situs web tersebut resmi atau tidak yaitu dengan melihat url dari situs yang kamu tuju tersebut.

Nantinya kamu dapat melihat dari teks yang digunakan (HTTPS/ HTTP), nama domain sampai top level domain yang digunakan ( .com, .net, .co, .id, dan yang lainnya).

Perlu kamu ketahui bahwa tag yang biasanya digunakan dalam URL situs yaitu tag https.

Karena biasanya teks tersebut lebih aman dan terpercaya dibandingkan dengan situs yang hanya dengan menggunakan tag http.

Yang kedua yaitu dilihat dari Nama domain, jika situs tersebut menggunakan nama domain yang meniru situs yang terkenal dengan menggunakan-ataupun simbol-simbol yang tak lazim, maka dapat dipastikan bahwa situs tersebut tidak kredibel.

2. Perhatikan Kalimat Yang Digunakan

Memperhatikan susunan kalimat yang digunakan dalam situs tersebut juga sangat penting untuk mengenali apakah suatu website kredibel atau tidak.

Karena biasanya situs scam akan menggunakan kalimat yang buruk baik itu dari tata bahasanya yang salah rasa yang aneh sampai ada kata-kata yang hilang.

3. Lihat Tanda Gembok

Pada saat kamu mengunjungi sebuah website tentunya kamu akan melihat status keamanan dari situs tersebut.

Karena sebagian besar browser akan menampilkan icon gembok terkunci pada sebelah kiri halaman url website.

Pada saat gembok tersebut diklik, kamu akan melihat keterangan “secure connection” , “connection is secure” atau kamu juga dapat melihat keterangan lain yang menyatakan bahwa situs tersebut aman.

4. Verifikasi Dengan Menghubungi Situs Bersangkutan

Kamu juga dapat mencoba untuk menghubungi situs secara langsung untuk verifikasi apakah situs tersebut kredibel atau tidak.

Pada umumnya situs akan mencantumkan halaman kontak pada bagian bawah situs web.

Biasanya kontak tersebut akan berisi alamat email atau nomor telepon kantor yang biasanya digunakan oleh para pengguna ketika ingin mengirimkan pertanyaan, kritik dan hal lainnya yang berkaitan dengan situs mereka.

5. Terlalu Banyak Iklan

Jika situs yang kamu kunjungi terlalu banyak iklan, maka bisa jadi hal tersebut menjadi salah satu tanda bahwa situs-situs tersebut tidak kredibel.

Nah iklan tersebutlah biasanya yang akan mempengaruhi seluruh halaman situs. Baik itu iklan yang harus mengharuskan pengguna untuk mengisi survei iklan yang mengarahkan pengguna ke situs lain serta iklan yang berisi kata-kata atau gambar yang menjurus ke arah seksual.

Akhir Kata

Mungkin itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengetahui situs web resmi atau tidak, Semoga dengan cara-cara di atas kamu dapat lebih mudah mengenali dan bisa memilih untuk menggunakan situs.