Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Story di Telegram Terbaru, Buruan Coba!

Jika dulu kita perlu bergonta-ganti foto profil saat ingin melakukan cara membuat story di Telegram. Kini hal itu tak perlu dilakukan lagi karena Telegram telah meluncurkan fitur story.

Fitur Telegram Stories itu kini bisa diakses oleh seluruh pengguna. Jdi bukan hanya pengguna Telegram Premium saja, tapi Telegram pengguna biasa pun kini leluasa untuk membuat story di aplikasi tersebut.

Kita bisa membagikan berbagai momen seru ke story Telegram. Jadi, tak hanya bisa membuat story di aplikasi WhatsApp atau media sosial saja, tapi juga di Telegram.

Fitur status di Telegram ini tak jauh berbeda dengan yang ada di aplikasi-aplikasi tersebut yang sudah lebih dulu meluncurkan fitur story.

Kendati begitu, Telegram memiliki keunggulan tersendiri yang disematkan pada fitur story. Keunggulan itu di antaranya bisa mengatur berapa lama story itu tayang. Jadi ada beberapa pilihan waktu yang bisa kalian pilih.

Kemudian, editing tools-nya lebih lengkap hingga kita bisa mengatur eksposur, kontras, saturasi, dan masih banyak yang lainnya.

Story tetap bisa di edit walau sudah diunggah, dan bisa mencegah orang lain mengambil tangkapan layar pada story.

Jadi ketika ada kesalahan dalam mengedit atau yang lainnya, bisa diperbaiki lagi walau story sudah di-posting. Kita tak perlu menghapus story, lalu memposting ulang ketika ada sesuatu yang kurang.

Fitur cerita di Telegram memang cukup baru, sehingga wajar jika banyak pengguna yang belum mengetahuinya. Apalagi fitur tersebut hanya muncul ketika kalian sudah memperbarui aplikasi Telegram.

Jadi jika masih menggunakan Telegram versi lama, kemungkinan fitur cerita itu tidak akan bisa diakses.

Cara Membuat Story di Telegram

Berikut ini tata cara buat story di Telegram dengan fitur terbaru yang pastinya mudah untuk dipraktikkan. Yuk langsung simak tata caranya!

Update aplikasi Telegram

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperbarui aplikasi Telegram di HP terlebih dahulu. Ini untuk mengatasi kemungkinan fitur Telegram yang belum muncul.

Silakan update aplikasi Telegram di toko aplikasi sesuai perangkat yang digunakan, bisa lewat Google Play Store atau App Store.

Setelah proses memperbarui aplikasi selesai, sekarang langsung buka dan jalankan aplikasinya.

Buat story di Telegram

Sekarang kalian bisa langsung membuat story di Telegram dengan cara mengklik bulatan cerita yang ada di bagian atas obrolan.

Klik Cerita Saya untuk membuat cerita baru. Kamu bisa mengambil foto atau video secara langsung dengan kamera Telegram, dan bisa juga dari galeri.

Cara membuat story di Telegram terbaru

Setelah memilih gambar, kamu akan diarahkan ke laman editing cerita baru. Silakan tambahkan keterangan, dan edit menggunakan fitur yang tersedia.

Misalnya, menambahkan teks, stiker, mengedit gambar secara detail, dan lainnya. Silakan tinggal klik satu persatu editing tools yang tersedia untuk mencoba-coba terlebih dahulu.

Fitur editing

BACA JUGA: Cara Share Screen di Telegram Lewat HP dan Laptop

Atur durasi story

Cara membuat story di Telegram berikutnya dengan memilih durasi story yang hendak dibuat. Jadi, berapa lama story tersebut hendak ditayangkan.

Tak seperti aplikasi lain, Telegram menyediakan 4 pilihan durasi status, dimulai dari 6 jam, 12 jam, 24 jam, dan 48 jam.

Silakan klik angka bulatan dengan angka 24 di tengahnya dan pilih berapa lama cerita akan terlihat. Namun, pilihan durasi itu hanya bisa digunakan apabila kalian menggunakan Telegram premium.

Atur durasi status

Jika menggunakan Telegram biasa, maka pilihannya hanya 24 jam saja. Jika sudah selesai mengedit dan konten siap diunggah, silakan klik Lanjut.

Tentukan siapa yang dapat melihat cerita, apakah semua pengguna, kontak saya, teman dekat, atau kontak terpilih.

Pada opsi semua pengguna dan kontak saya, kamu bisa memilih kontak yang dikecualikan.

Terakhir, di bagian perizinan kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan opsi Izinkan Tangkapan Layar dan Posting di Profil Saya.

Terakhir, klik Posting Cerita untuk mengunggahnya ke akun Telegram kalian.

Pilihan privasi story

Kamu bisa melihat story yang sudah dibuat dengan mengklik Cerita Saya. Cara membuat story di Telegram pun sudah selesai!

Edit cerita yang sudah diunggah

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Telegram memungkinkan kita untuk mengedit story yang kita buat walau sudah diunggah.

Caranya, klik Cerita Saya, lalu klik titik tiga di pojok kanan atas layar.

Kamu pun bisa mengedit siapa yang bisa melihat status, mengedit foto atau video yang sudah diunggah, menyimpan ke galeri, posting di profil hingga menghapusnya. Kalian tinggal memilih opsi mana yang dibutuhkan.

Cara mengedit story saya di Telegram

Fungsi editing tools story di Telegram

Telegram menyediakan beberapa editing tools yang bisa kita gunakan untuk mempercantik konten yang hendak diunggah ke status.

Tools pertama memiliki ikon pensil yang berfungsi untuk membuat coretan dan tanda panah pada video.

Sesuai ikonnya, tools kedua dapat digunakan untuk menambah stiker pada foto atau video. Ketiga, ikon T untuk menambahkan teks sesuai keinginan.

Terakhir, ikon untuk mengatur preset gambar secara detail seperti kecerahan, eksposur, kontras saturasi, sorotan, dan masih banyak yang lainnya.

Fitur editing

BACA JUGA: Cara Mengubah Font di Telegram Secara Langsung Tanpa Aplikasi

Itu dia, cara lengkap untuk membuat story di Telegram tahun 2023 dengan menggunakan fitur terbaru. Semoga bermanfaat!

Berita dan artikel Cara Membuat Story di Telegram Terbaru, Buruan Coba! muncul pertama kali di Rancah Post