Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka WhatsApp yang Terkunci Sidik Jari, PIN dan Pola

Cara membuka WhatsApp yang terkunci dengan sidik jari bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah. Metode-metode tersebut bakal kami bahas secara lengkap di artikel ini khusus untuk kalian.

Bagi yang penasaran dengan tata caranya, maka wajib untuk menyimak pembahasan ini sampai selesai, guys.

Pastinya aplikasi WhatsApp yang awalnya dikunci dengan sidik jari dapat diakses tanpa perlu menggunakan sidik jari lagi. Sehingga kalian dapat mengaksesnya dengan mudah.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin membuka WA yang terkunci. Untuk lebih jelasnya akan dibahas nanti pada bagian tutorialnya.

Sebelum itu, kita bakal membahas terkait aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. WhatsApp merupakan aplikasi chatting semua umat yang bisa diandalkan untuk berbagai hal.

Pada intinya WhatsApp memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik secara personal maupun grup, baik untuk urusan bisnis maupun urusan pribadi.

Di dalam WhatsApp pastinya tersimpan banyak chat penting dan bersifat privasi. Kita akan sangat tidak nyaman apabila ada orang lain yang mengetahui isi chat tersebut.

Untuk mendukung pengguna menjaga privasi di WhatsApp, WhatsApp pun meluncurkan fitur kunci sidik jari yang memungkinkan kita mengunci aplikasi WhatsApp dengan sidik jari.

Sehingga setiap kali hendak mengakses aplikasi WhatsApp, kita harus memasukkan sidik jari yang sudah terdaftar di HP.

Namun terkadang sidik jari di HP kita mengalami error sehingga sidik jari yang kita arahkan ke sensor tidak terdeteksi.

Hal itu tentu sangat fatal, karena artinya kita tidak bisa mengakses aplikasi WhatsApp lagi dan aplikasi WhatsApp pun terkunci.

Kalian harus memasukkan sidik jari agar dapat membuka aplikasi WhatsApp tersebut. Bagaimana jika dalam keadaan darurat? Panik dan bingung yang pasti sedang dirasakan.

Tapi tenang saja, ada cara membuka WA yang dikunci dengan sidik jari. Silakan simak tutorialnya di bawah ini, guys.

Cara Membuka WhatsApp yang Terkunci

Selain dengan sidik jari, kami juga akan membahas cara membuka WhatsApp yang sebelumnya dikunci dengan PIN atau pola.

Untuk WhatsApp yang terkunci sidik jari

Metode yang pertama dibahas adalah membuka WhatsApp yang terkunci sidik jari. Ini bisa dilakukan apabila sensor sidik jari di HP kalian bermasalah, atau ada alasan lain yang mengharuskan kalian melakukan hal tersebut.

Ya, untuk membuka kuncinya kalian hanya perlu menonaktifkan kunci sidik jari di HP kalian. Cara menonaktifkan kunci sidik jari di setiap HP berbeda-beda, jadi kalian tinggal menyesuaikannya saja.

Selain itu, cara ini dapat dipraktikkan apabila sebelumnya kunci sidik jari yang digunakan adalah fitur dari WhatsApp.

  • Pertama-tama, silakan buka menu Pengaturan di HP Android yang kalian gunakan saat ini.
  • Kemudian, masuk menu Keamanan > klik Sidik jari di bagian keamanan perangkat > masuk kunci layar HP kalian.

Menu keamanan

  • Jadi untuk bisa melakukan cara ini kalian harus mengetahui kunci layar yang sebelumnya diaktifkan, apakah pola, PIN atau sandi.
  • Setelah memasukkan kunci layar, silakan hapus daftar sidik jari yang dimasukkan sebelumnya > klik Ya, hapus untuk konfirmasi penghapusan.

Pengaturan kunci sidik jari

Setelah ini, fitur kunci sidik jari di WhatsApp kalian akan langsung dinonaktifkan dan WhatsApp pun sudah bisa diakses tanpa perlu memasukkan sidik jari.

BACA JUGA: Cara Mengunci WhatsApp di HP Vivo dengan PIN, Pola, dan Sidik Jari

WhatsApp yang dikunci dengan pola dan PIN

Apakah kalian menggunakan fitur kunci aplikasi bawaan HP untuk mengunci WhatsApp? Jika iya, maka cara membuka WhatsApp yang terkunci dengan PIN dan pola itu dilakukan dengan cara menonaktifkan fitur kunci aplikasinya.

  • Untuk menonaktifkan kunci aplikasi hampir sama seperti kalian hendak mengaktifkannya, guys. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial berikut ini.
  • Silakan buka menu Pengaturan di HP lalu masuk menu Keamanan > Klik Privasi & enkripsi aplikasi > masukkan pola atau PIN dengan benar > Nonaktifkan kata sandi privasi > klik Oke > masukkan Pola.

Cara membuka WhatsApp yang terkunci sidik jari

  • Setelah ini, WhatsApp dapat dibuka tanpa harus memasukkan pola atau PIN lagi.

Oh ya, cara menonaktifkan kunci aplikasi ini perlu disesuaikan juga dengan HP Android yang kalian pakai. Karena setiap HP pasti berbeda caranya.

WhatsApp yang dikunci dengan aplikasi

Cara membuka WhatsApp yang terkunci dengan sidik jari, pola dan PIN sudah selesai dibahas. Nah, cara berikutnya ini dapat dilakukan apabila aplikasi WhatsApp kalian dikunci dengan menggunakan aplikasi kunci aplikasi.

Ada banyak aplikasi kunci aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi di HP kalian. Dan jika tidak ingin menggunakannya lagi, bisa langsung uninstall aplikasi tersebut.

Maka secara otomatis, pengaturan penguncian yang dilakukan akan dinonaktifkan. Aplikasi-aplikasi yang sebelumnya dikunci dapat diakses tanpa harus menggunakan kata sandi yang sebelumnya dibuat.

BACA JUGA: Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Chat

Satu persatu cara membuka WhatsApp yang terkunci dengan sidik jari, PIN, dan pola hingga aplikasi kunci aplikasi pihak ketiga sudah selesai dibahas. Kamu bisa memilih metode mana yang sesuai dengan tipe penguncian yang sebelumnya aktif.

Berita dan artikel Cara Membuka WhatsApp yang Terkunci Sidik Jari, PIN dan Pola muncul pertama kali di Rancah Post