Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Tecno Mati Sendiri Sebelum Membawanya ke Service Center

Cara mengatasi HP Tecno mati sendiri bisa kamu lakukan dengan mudah jika tidak ada masalah serius di dalamnya. Hal ini juga bisa kamu lakukan sebelum kamu membawanya ke tukang service atau service center ponsel Android.

HP yang mati tiba-tiba baik itu sedang digunakan ataupun tidak kerap kali membuat pemiliknya panik, karena HP tidak bisa dihidupkan kembali apalagi di charger.

Hal ini sudah cukup umum terjadi pada beberapa jenis smartphone Android lainnya. Biasanya, HP mati sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, seperti cache menumpuk, adanya bug, error pada sistem operasi, dan kendala lainnya.

Selain itu, HP yang mati total ini juga bisa terjadi karena adanya masalah pada hardware, seperti HP yang overheat, kerusakan pada baterai, atau memang kondisi HP yang sudah rusak.

Jika kondisi ini tetap dibiarkan, buka tak mungkin dampaknya bisa membuat HP jadi sering mati sendiri. Nah, jika HP Tecno yang kamu gunakan juga tiba-tiba mati sendiri. Jangan panik, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Simak artikel di bawah ini selengkapnya untuk mengetahuinya

BACA JUGA: Cara Mengatasi Layar HP Vivo Bergerak Sendiri, Pasti Berhasil!

Cara Mengatasi HP Tecno Mati Sendiri

Dikutip dari beberapa sumber, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebelum kamu membawanya ke service center. Berikut diantaranya:

1. Buka Casing HP

Car pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuka casing HP. Casing HP biasanya terbuat dari kulit atau plastik sehingga menahan panas di dalam dan dingin diluar.

Kejadian ini bisa membuat panas berlebih di dalam HP. Untuk itu, kamu bisa melepaskan casing HP hingga suhu ponsel kembali normal. Atau kamu bisa mengganti casing HP dengan yang lebih terbuka.

2. Perbaiki Tombol Daya

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memperbaiki tombol daya. Karena salah satu kendala HP mati sendiri bisa disebabkan oleh tombol daya yang longgar. Kamu bisa menekan tombol daya beberapa kali dna pastikan tombol berfungsi dengan normal.

3. Reset HP

Opsi yang satu ini bisa kamu lakukan dengan konsekuensi kehilangan foto dan semua data yang belum kamu pindahkan ke hardisk. Namun, opsi ini bisa kamu lakukan jika berkaitan dengan masalah software HP.

Sebaiknya, kamu pindahkan data di HP terlebih dahulu sebelum melakukan reset. Atau untuk menghindari kejadian seperti ini, kamu bisa mencadangkan penyimpanan ponsel ke akun Google setiap harinya.

4. Tekan Semua Tombol Ponsel Bersamaan

Cara mengatasi HP Tecno mati sendiri yang bisa kamu lakukan berikutnya yaitu dengan menekan semua tombol secara bersamaan selama beberapa detik, yaitu tombol power + volume bawah + volume atas.

Nantinya akan muncul logo HP jika berhasil. Penyebabnya bisa saja karena HP overheat atau adanya bug pada HP tersebut.

5. Gunakan Safe Mode

Jika kendala matinya HP berkaitan dengan software, kamu bisa menggunakan safe mode di pengaturan untuk memperkecil kendala yang terjadi.

Jika kamu menggunakan safe mode, jangan lupa untuk menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan atau aplikasi yang tidak penting.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Hotspot Tidak Terdeteksi di HP Android

Demikianlah cara mengatasi HP Tecno yang mati sendiri yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu.

Berita dan artikel Cara Mengatasi HP Tecno Mati Sendiri Sebelum Membawanya ke Service Center muncul pertama kali di Rancah Post