Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Sidik Jari yang Hilang di HP Vivo

Memangnya ada cara mengembalikan sidik jari yang hilang di HP Vivo? Jika ada, lantas bagaimana langkah-langkahnya?

Semua pertanyaan itu bakal kami jawab satu-satu di artikel ini. Untuk itu, kalian wajib menyimak tutorialnya dari awal sampai akhir. Jangan sampai hanya menyimak setengah-setengah tanpa secara full.

Kebanyakan HP Vivo kini sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint atau sidik jari. Dengan hadirnya fitur tersebut, pengguna dapat membuka kunci layar dan kunci aplikasi hanya dengan menyentuhkan jari ke sensor sidik jari.

Setelah itu, kunci layar akan langsung terbuka, begitu pula jika digunakan untuk membuka kunci aplikasi. Pengguna tak perlu repot memasukkan ulang kata sandi penguncian untuk membukanya.

Fitur sidik jari tentu aman untuk digunakan karena HP hanya bisa dibuka dengan memasukkan kata sandi penguncian atau dengan sidik jari yang sudah ditambahkan.

Jadi, meski orang lain menyentuhkan sidik jari pada ponselmu, kunci layar tidak akan terbuka sama sekali.

Selain untuk kunci layar dan kunci aplikasi, sidik jari juga biasanya dapat digunakan saat login ke suatu aplikasi atau konfirmasi suatu transaksi.

Misalnya, login ke aplikasi BRImo, login ke aplikasi My Smartfren, konfirmasi transaksi menggunakan ShopeePay, dan lainnya.

Namun dalam penggunaannya terkadang pengguna menemukan beberapa kendala, salah satunya adalah sidik jari yang mendadak hilang.

Daripada bingung, segera atasi permasalahan tersebut dengan menyimak tutorial lengkapnya di bawah ini, teman-teman.

Cara Mengembalikan Sidik Jari yang Hilang di HP Vivo

Berikut ini langkah-langkah agar sidik jari Vivo yang hilang dapat dikembalikan dan dapat digunakan seperti sebelumnya.

Restart HP

Penggunaan sidik jari pada HP memang sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan data penting di dalamnya. Di samping itu, memudahkan pemilik HP untuk mengakses ponselnya dengan satu sentuhan jari saja,

Ketika sidik jari tiba-tiba hilang, kamu bisa mencoba mengembalikannya dengan me-restart HP kalian. Silakan tekan tombol power selama beberapa detik-detik lalu pilih opsi Mulai ulang.

Tunggu sampai HP menyala kembali, dan biasanya kamu harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu untuk membuka kunci layar.

Setelahnya, matikan kunci layar dan coba buka dengan sidik jari. Jika berhasil, kemungkinan HP kalian mengalami error sementara dan dapat dipulihkan lagi dengan memulai ulang HP.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Tema Seperti Semula Vivo All Tipe

Bersihkan area sensor sidik jari

Cara mengembalikan sidik jari HP Vivo yang hilang berikutnya adalah dengan membersihkan area sidik jari. Bisa saja sensor sidik jari kotor sehingga tak bisa mendeteksi sidik jari kalian dengan baik.

Cobalah untuk membersihkan area sidik jari dengan hati-hati dan secara perlahan. Selain itu, bersihkan juga jari kalian, siapa tahu basah, ada kotoran, minyak dan lainnya yang menghambat membuka kunci sidik jari.

Apabila yang kotor atau rusak ternyata ada di bagian dalam sensor sidik jari, hal ini tidak bisa dilakukan sendiri. Kalian perlu meminta bantuan pada teknisi untuk melakukannya.

Disarankan tidak membongkarnya sendiri karena dikhawatirkan bisa semakin merusak sensor sidik jari.

Update sistem – Cara mengembalikan sidik jari yang hilang di HP Vivo

Apakah kamu masih menggunakan sistem operasi versi lama dan tidak pernah meng-update sistem selama ini? Jika iya, maka cobalah untuk memperbarui sistem operasi di HP kalian ke versi terbaru.

Update sistem memungkinkan kita menikmati berbagai fitur terbaru yang ada di HP. Selain itu, dapat juga mengatasi permasalahan pada HP.

Tak menutup kemungkinan ketika sistem sudah di-update permasalahan sidik jari yang hilang dapat teratasi. Untuk update sistem di HP Vivo sangat mudah, kalian hanya perlu membuka menu Pengaturan > Pembaruan sistem.

Jika ada pembaruan, kamu bisa memasang pembaruan sekarang atau nanti pada malam hari saat HP sudah tidak digunakan lagi.

Cara Update sistem di HP Vivo

Tambahkan ulang sidik jari

Jika semua cara di atas tidak dapat mengatasi permasalahan yang terjadi, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan ulang sidik jari.

Sehingga langkah ini dapat mengembalikan pengaturan sidik jari yang hilang di HP Vivo. Cara mengaktifkan sidik jari di HP Vivo sangat mudah.

Kami pun telah membahas tutorialnya pada pembahasan lain sebelum ini. Silakan langsung klik link ini untuk melihat tutorialnya.

Setelah sidik jari baru ditambahkan, sekarang kamu bisa membuka HP Vivo, kunci sidik jari, login aplikasi, dan lainnya menggunakan sidik jari. Super mudah ‘kan?

BACA JUGA: 2 Cara Menampilkan Penggunaan Data di HP Vivo dengan Fitur Bawaan

Menurut beberapa pengguna, mengaktifkan sidik jari di HP sangat penting. Bukan hanya bagi pengguna Vivo, namun juga pengguna HP Android merek lainnya.

Sampai sini, pembahasan tentang cara mengembalikan sidik jari yang hilang di HP Vivo sudah selesai dibahas. Semoga dapat bermanfaat!

Berita dan artikel Cara Mengembalikan Sidik Jari yang Hilang di HP Vivo muncul pertama kali di Rancah Post