Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghentikan Aplikasi Terinstal Sendiri di HP Android

Bagaimana cara menghentikan aplikasi terinstal sendiri di HP Android mulai dari merek Vivo, Oppo, Realme, Xiaomi, hingga Samsung?

Pertanyaan ini pastinya muncul ketika di HP mereka tiba-tiba muncul aplikasi baru padahal si pemilik tidak merasa menginstall-nya.

Meski sepertinya jarang terjadi, namun ada pengguna HP Android yang mengalami permasalahan ini pada ponselnya. Pemilik HP pastinya merasa bingung karena mendadak ada aplikasi misterius yang terpasang di HP.

Jika kamu termasuk pengguna yang sedang mengalami permasalahan ini, maka wajib melakukan cara untuk mengatasinya. Selesaikan permasalahan ini dan jangan biarkan terus-terusan berlanjut.

Selain bikin pemilik bingung, aplikasi yang terinstal sendiri membuat penyimpanan internal di HP jadi cepat penuh. Bahkan jika pengguna menggunakan data seluler untuk mengakses internet, permasalahan ini bikin boros kuota.

Proses download aplikasi berlangsung tanpa kita ketahui, dan tiba-tiba muncul aplikasi asing yang terinstal di HP.

Lantas, apa sebenarnya penyebab hal itu terjadi? Ya, aplikasi terinstal sendiri di HP bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya virus.

Virus itu bisa berasal dari aplikasi yang kalian instal atau masuk lewat browser tertentu ketika mendownload file.

Jangan dulu panik apabila mengalami permasalahan ini, karena ada cara untuk menghentikannya.

Cara Menghentikan Aplikasi Terinstal Sendiri

Kalian pasti merasa heran dengan aplikasi yang terinstal sendiri tanpa kalian instal secara manual sebelumnya.

Permasalahan semacam ini ternyata pernah dialami oleh sejumlah pengguna HP Android. Nah, apabila kalian pun sedang mengalaminya, silakan hentikan dengan langkah-langkah di bawah ini.

Pakai anti virus

Untuk memastikan HP kita disusupi virus atau tidak, maka perlu melakukan proses scan atau pemindaian terlebih dahulu.

Sejumlah HP Android sekarang sudah dilengkapi dengan fitur pemindai virus bawaan sehingga tak perlu menggunakan aplikasi tambahan lagi.

Cara memindai virus di setiap merek HP Android berbeda-beda, kalian hanya perlu menyesuaikannya saja. Contohnya di HP Vivo, pemindaian keamanan dilakukan lewat aplikasi iManager lalu klik pendeteksian keamanan.

Pendeteksian keamanan

Proses scan akan dimulai, apabila ada virus yang terdeteksi, kalian akan diarahkan untuk membersihkannya.

BACA JUGA: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Paling Jitu Dilakukan!

Nonaktifkan izin aplikasi dari sumber tidak dikenal

Apakah kalian sebelumnya mengizinkan menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal? Pada saat hendak mengaktifkan izin tersebut, pastinya ada peringatan yang muncul bahwa hal itu cukup berisiko.

Maka, cara menghentikan aplikasi terinstal sendiri di HP Android adalah dengan menonaktifkan izin aplikasi dari sumber tidak dikenal.

Cara menonaktifkannya sebenarnya sama seperti ketika hendak mengaktifkannya. Kalian tinggal tekan dan tahan aplikasi yang sebelumnya diizinkan menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal.

Lalu, pilih opsi Info aplikasi lalu klik opsi Instal aplikasi tidak dikenal dan nonaktifkan pengaturannya.

Sumber tidak dikenal

Setiap HP Android memiliki cara yang berbeda, tapi melalui Info aplikasi sepertinya dapat dipraktikkan oleh berbagai HP Android.

Nonaktifkan update otomatis di Play Store

Cara berikutnya kalian bisa mencoba menonaktifkan update otomatis pada Google Play Store di HP Android. Ketika fitur ini aktif, Google Play Store akan memperbarui aplikasi di HP secara otomatis.

Proses download pun pastinya akan terus berlangsung, oleh karena silakan langsung nonaktifkan opsi tersebut.

Cara menonaktifkan update otomatis di Google Play Store sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya. Untuk memudahkan, kalian tinggal klik link ini.

Cek web browser di HP – Cara menghentikan aplikasi terinstal sendiri

Cara menghentikan aplikasi yang terinstal sendiri berikutnya adalah dengan mengecek browser di HP. Kemungkinan kalian pernah mengunduh aplikasi dari browser tersebut secara sengaja atau tidak sengaja.

Namun proses download-nya belum selesai karena alasan-alasan tertentu. Alhasil, ketika memungkinkan browser pun akan melanjutkan kembali download-nya.

Cobalah untuk mengecek browser yang sering kalian gunakan untuk memastikan darimana aplikasi yang tiba-tiba terinstal itu.

Hapus aplikasi misterius

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah menghapus aplikasi-aplikasi misterius yang terinstal dengan sendirinya.

Dikhawatirkan aplikasi tersebut menyimpan virus yang dapat mempengaruhi kinerja HP. Maka silakan hapus atau uninstal saja aplikasi tersebut.

Apalagi jika aplikasinya tidak penting dan tidak berpotensi akan digunakan. Cara uninstal aplikasi di HP sangat mudah, cukup tekan dan tahan aplikasinya lalu klik Uninstal > klik Oke.

Lakukan cara tersebut pada aplikasi lain yang hendak kalian hapus dari HP.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Vivo Agar Kembali Normal

Cara menghentikan aplikasi yang terinstal di HP Android berbagai merek dan tipe cukup mudah, bukan? Pengguna tak diharuskan melakukan cara yang ribet apalagi sulit.

Semoga pembahasan di atas dapat membantu para pengguna HP Android yang mengalami permasalahan itu. Sampai jumpa di pembahasan tentang tutorial HP Android lainnya, teman-teman.

Berita dan artikel Cara Menghentikan Aplikasi Terinstal Sendiri di HP Android muncul pertama kali di Rancah Post