Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Virus di HP Tecno dengan Cepat dan Aman

Cara Menghilangkan Virus di HP Tecno – Kinerja ponsel Android kamu melambat setelah mengunduh aplikasi pihak ketiga yang bukan dari Google Play? Banyak yang menganggap masalah lambatnya ponsel setelah menginstal aplikasi dari pihak ketiga disebabkan virus.

Nah sebelum mulai mencoba menghapus malware Android, reboot ponsel kamu untuk memastikan kinerjanya tidak lambat. Pada sebagian besar ponsel, tahan tombol daya fisik pada perangkat dan kamu dapat memilih Restart jika tidak ingin mematikan atau menyalakan kembali secara manual.

Jika masalah masih ditemukan, coba hapus cache Android pada aplikasi peramban untuk menghapus jejak yang tersisa dari situs-situs tersebut. Jika masalah masih terus berlanjut, bisa jadi ponsel kamu telah terinfeksi malware melalui aplikasi yang baru saja kamu unduh.

Sebelum melakukan tindakan untuk menghapus virus, sebaiknya kamu ingat-ingat terlebih dahulu, apakah masalah mulai terjadi setelah kamu mengunduh aplikasi atau file tertentu?

Apakah kamu baru saja memuat aplikasi Android dari sumber pihak ketiga di luar Play Store? Apakah kamu mengetuk iklan yang mengunduh file yang tidak diinginkan? Atau apakah masalah hanya terjadi ketika kamu menjalankan aplikasi tertentu?

Nah bagi kebanyakan orang, pengaturan ulang pabrik adalah pilihan terakhir untuk menghapus semua file termasuk virus. Namun sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakukan tanpa harus reset pabrik.

BACA JUGA: Cara Mengubah Tampilan Jam di Layar Kunci Vivo Jadi Lebih Keren

Cara Menghilangkan Virus di HP Tecno

1. Periksa ponsel kamu apakah ada aplikasi yang tidak diinginkan

Jika kamu melihat pemberitahuan yang tidak diinginkan, termasuk baterai ponsel kamu terkuras habis, atau mengalami kinerja yang lambat, kemungkinan kamu telah menginstal aplikasi jahat. Untuk mengatasinya, kunjungi Pengaturan > Aplikasi > Lihat semua aplikasi, lalu lihat semua aplikasi yang telah kamu instal.

Untuk aplikasi yang tidak kamu kenali, atau bahkan yang sudah lama tidak digunakan, ketuk aplikasi tersebut dan pilih Copot Pemasangan untuk menghapusnya dari ponsel.

Sebaiknya kamu selalu membersihkan aplikasi zombie yang tidak lagi digunakan. Tidak jarang aplikasi tersebut justru menjadi penyebab masalah munculnya virus.

2. Cara Menghilangkan Virus di HP Tecno dengan Periksa akses aplikasi khusus

Dalam beberapa kasus, mungkin kamu telah mengizinkan aplikasi Android yang berbahaya untuk berjalan sebagai Administrator Perangkat, dan kamu memberinya izin khusus.

Untuk meninjau aplikasi tersebut, buka Pengaturan > Aplikasi > Akses aplikasi khusus dan pilih Aplikasi admin perangkat. Kamu tidak dapat menghapus aplikasi yang ditetapkan sebagai Admin Perangkat sampai aplikasi tersebut dinonaktifkan di menu ini.

3. Jalankan pemindaian Google Play Protect

Google Play Protect adalah sistem keamanan bawaan Android. Fitur ini memastikan aplikasi Android aman untuk diunduh di Play Store. Fitur ini juga memindai ponsel kamu untuk mencari aplikasi berbahaya yang berhasil lolos. Selanjutnya, kamu harus memastikan telah mengaktifkan fitur ini dan mencoba menjalankan pemindaian.

Buka Google Play Store, ketuk foto profil kamu di bagian kanan atas, dan pilih Play Protect untuk mengakses fitur ini. Lalu, ketuk ikon Roda Gigi di kanan atas dan pastikan penggeser Pindai aplikasi dengan Play Protect diaktifkan.

Kembali ke layar utama Play Protect, kamu akan melihat kapan pemindaian terakhir kali dijalankan. Ketuk Pindai untuk meminta layanan memeriksa perangkat kamu untuk mencari infeksi apapun, lalu kamu akan diberi petunjuk jika menemukan masalah.

4. Gunakan antivirus Android pihak ketiga

Jika kamu masih mencurigai adanya virus Android setelah melakukan langkah-langkah di atas, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi antivirus Android yang memiliki fitur menduplikasi fitur bawaan Android seperti Malwarebytes.

Setelah menginstalnya, pilih Lewati untuk melewati uji coba gratis karena tidak diperlukan untuk menjalankan pemindaian keamanan. Pilih Pindai sekarang di beranda, lalu berikan izin kepada aplikasi untuk mengakses file kamu untuk pemindaian menyeluruh.

Malwarebytes juga akan menyebutkan potensi masalah keamanan lain, seperti mengaktifkan Opsi Pengembang dan tidak menggunakan berbagai fitur aplikasi lain. Pemindaian seharusnya cukup untuk mengetahui apakah ponsel kamu terinfeksi sesuatu yang serius.

BACA JUGA: Cara Mematikan Penyimpanan USB di HP Vivo Agar Tak Muncul Lagi

Demikianlah cara menghilangkan virus yang menggangu di HP Tecno yang bisa kamu lakukan dengan atau tanpa reset sekalipun. Untuk menghindari virus, kamu harus berhati-hati saat mendownload aplikasi atau mengunjungi situs website.

Berita dan artikel Cara Menghilangkan Virus di HP Tecno dengan Cepat dan Aman muncul pertama kali di Rancah Post