Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Headset Bluetooth

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Headset Bluetooth – Saat ini, hampir semua orang memiliki setidaknya satu perangkat headset bluetooth. Headset ini merupakan salah satu jenis headset tanpa kabel yang bisa kamu gunakan dengan mudah di manapun dan kapanpun.

Untuk sistem pemasangannya sendiri, ini menggunakan bluetooth, sistem ketahanannya dengan cara di charger. Apakah kamu pernah berpikir tentang baterainya dan cara menghematnya agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang?

Beberapa pengguna bahkan, sering mengeluhkan baterai headset bluetooth yang digunakannya cepat habis. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

Headset bluetooth ini sendiri memiliki masa pakai dua sampai tiga tahun, setara dengan 400-500 siklus pengisian daya.

Semakin lama headset digunakan, kakak akan terjadi penurunan kualitas dan kehilangan kekuatan. Bisa saja masalah juga muncul karena adanya kerusakan internal yang bisa menyebabkan hilangnya daya dengan cepat.

Nah berikut ini kami akan mengulas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan baterai pada headset bluetooth atau perangkat audio berbasis bluetooth tanpa kabel ini. Berikut Selengkapnya.

BACA JUGA: Cara Melihat Waktu Pemakaian Perangkat di HP Vivo dan Membatasinya

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Headset Bluetooth

1. Gunakan Tingkat Audio yang Optimal

Hampir semua headset bluetooth, tingkat audio optimal maksimal 70% setiap 80%. Untuk itu kamu harus menjaga suara audio dalam kisaran tersebut agar bisa mendapatkan kualitas suara dan kapasitas baterai terbaik.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui bahwa merek biasanya mencantumkan waktu pemakaian atau total pemutaran dengan menjaga tingkat volume antara 70%-80%. Jika kamu menggunakan perangkat tersebut dengan volume yang lebih tinggi, angkat headset akan menggunakan lebih banyak baterai dan cepat habis.

Untuk itu pastikan kamu tidak menggunakan headset terlalu lama dengan volume poll. Cahaya itu, kamu juga bisa mengalami masalah kesehatan terutama di lingkungan yang bising.

2. Jaga agar Headset Tetap Dingin

Suhu panas merupakan salah satu musuh terbesar bagi baterai. Karena panas bisa menguras baterai dengan cepat, mempengaruhi kinerja perangkat dan menurunkan kapasitas baterai.

Berapa orang bahkan sudah terbiasa menggunakan headset saat bekerja atau mengemudi di hari yang cerah. Panas matahari ini bisa membuat perangkat menjadi panas. Ih bisa jadi salah satu penyebab baterai cepat habis.

3. Matikan Headset Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Beberapa headset memiliki fitur otomatis. Pengguna melepaskan perangkat tersebut dari telinga maka headset akan mati secara otomatis dan menghemat baterai. Jika perangkat kamu tidak memiliki fitur tersebut, sebaiknya segera matikan saat tidak digunakan agar bisa lebih menghemat baterai.

4. Gunakan Pengisi Daya yang Sesuai

Perlu kamu ketahui, pengisi daya yang tidak memiliki output atau kok tidak kompatibel harus kamu hindari untuk mengisi daya headset. Mungkin kan, gunakan kabel yang sudah disediakan oleh merk headset tersebut atau pastikan kamu menggunakan kabel dengan tegangan sesuai.

5. Jaga Kebersihan Headset

Cara terakhir yang bisa kamu upayakan untuk meningkatkan daya tahan baterai headset yaitu dengan membersihkan perangkat yang mereka gunakan. Kotoran bisa membuat perangkat mudah rusak.

Paling umum pada headset adalah kotoran telinga yang mengendap di output speaker. Jika hal ini terjadi, pengguna tidak akan mendapatkan suara yang berkualitas .

Penggunaan volume total akan menyebabkan baterai headset cepat habis.

BACA JUGA: Cara Menambahkan Mode Baca ke Perangkat Android

Demikianlah cara meningkatkan daya tahan baterai headset bluetooth agar masa pakainya bisa berlangsung lama.

Berita dan artikel Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Headset Bluetooth muncul pertama kali di Rancah Post