Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP Vivo Restart Sendiri Secara Berulang? Atasi dengan Cara ini

HP Vivo restart sendiri secara berulang-ulang? Jika hal itu terjadi pada ponselmu, dapat dipastikan ada masalah dan harus segera diatasi.

Cara mengatasi HP Vivo yang memulai ulang terus bisa dilakukan sendiri sebelum kalian memutuskan untuk memperbaikinya ke tukang servis.

Tak perlu khawatir, cara mengatasinya cukup mudah dan aman kok, dan kalian pasti bisa mempraktikkannya sendiri.

HP Vivo menjadi salah satu ponsel Android yang laris di pasaran Indonesia. Hal itu karena HP Vivo memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni namun harganya cukup terjangkau.

Sehingga menjadi pilihan orang-orang dari berbagai kalangan. Ditambah lagi dilengkapi dengan kamera yang bagus sehingga bisa diandalkan saat selfie.

Hadir dengan berbagai tipe dan model, pengguna tinggal memilih HP Vivo mana yang dirasa paling cocok untuk digunakan.

Meski bisa dibilang memiliki kualitas cukup bagus, namun yang namanya handphone tak lepas dari sejumlah permasalahan.

Apalagi jika sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, pastinya permasalahan seperti layar, baterai, hingga sistem pun kerap terjadi.

Salah permasalahannya adalah HP yang restart berulang-ulang oleh sendirinya. Parahnya, proses restart itu terjadi pada saat kita menggunakan HP tersebut untuk berbagai keperluan.

Pastinya ini sangat mengganggu karena kita tidak bisa menggunakan HP secara maksimal. Terutama jika sedang menelpon, pembicaraan penting jadi terpotong akibat HP kita yang restart terus-terusan.

Kasus ini bisa diatasi oleh si pemilik sebelum membawanya ke tukang servis. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya, guys!

Cara Mengatasi HP Vivo Restart Sendiri

Ada banyak penyebab HP Vivo restart secara berulang-ulang. Di antaranya karena bug pada sistem, crash sistem, RAM tidak mencukupi, memori internal penuh, hingga overheat.

Jika permasalahan HP restart sendiri sedang kamu alami, silakan simak langkah-langkah di bawah ini agar handphone Vivo yang kerap restart dengan sendirinya bisa teratasi.

Matikan HP beberapa saat

Hal pertama yang bisa kalian lakukan ketika HP restart berulang-ulang adalah mematikannya selama beberapa saat.

Istirahatkan HP agar suhunya kembali normal. Kemungkinkan proses restart itu terjadi akibat suhu HP yang terlalu panas atau overheat.

Penyebabnya beragam, yang paling utama karena penggunaan yang berlebihan. Dan cara mengatasinya adalah dengan mematikan HP lalu membiarkannya selama beberapa saat sampai suhunya cukup normal.

Bersihkan cache

Cara mengatasi HP Vivo restart sendiri berikutnya adalah dengan menghapus cache yang ada di HP. Cara menghapus cache di HP Vivo pun sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Kalian tinggal klik link ini untuk melihat pembahasannya. Bisa jadi, HP Vivo kalian restart terus-terusan diakibatkan oleh cache yang menumpuk.

Maka kamu perlu menghapus cache-cache tersebut sampai tuntas. Silakan lakukan proses hapus cache sekarang juga dengan mengikuti tutorial di link tadi.

BACA JUGA: Cara Mengubah Control Center Vivo dengan Mudah, Tampilan Lebih Keren!

Bersihkan recent apps

HP Vivo restart sendiri saat kamu membuka banyak aplikasi? Jika iya, kemungkinan hal itu terjadi akibat terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Aplikasi-aplikasi tersebut mengambil kapasitas RAM pada HP kalian untuk tetap berjalan.

Nah, silakan bersihkan recent apps dengan menekan tombol recent apps yang ada di samping tombol home. Setelahnya, klik tombol X untuk menutup semua aplikasi yang kalian buka.

Uninstall aplikasi tertentu – Cara atasi HP Vivo restart sendiri

Memiliki banyak aplikasi tapi sudah jarang atau tidak digunakan? Sebaiknya, uninstall aplikasi-aplikasi tersebut untuk menghemat ruang penyimpanan di HP kalian.

Seperti dijelaskan tadi, HP Vivo yang restart berulang-ulang bisa disebabkan oleh memori internal yang penuh. Maka untuk melengangkan kapasitas memori internal, silakan hapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Selain aplikasi, hapus juga file-file yang tidak penting untuk semakin mengurangi kapasitas memori internal yang penuh.

Update sistem operasi

Apakah kamu sudah lama tidak memperbarui sistem? Jika iya, maka cobalah untuk memperbarui sistem ke versi terbaru untuk mengatasi sejumlah permasalahan yang terjadi.

Update sistem sangat bermanfaat karena dapat memperbarui keamanan hingga sistem HP. Silakan cek pembaruan di menu Sistem dan langsung perbarui.

Namun proses update memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga jika kamu bisa memilih meng-update pada malam hari ketika HP tidak digunakan.

Reset HP Vivo yang restart sendiri

Mengembalikan HP ke setelan pabrik bisa menjadi solusi selanjutnya apabila beberapa cara tadi belum berhasil.

Namun cara ini dapat menghapus semua data hingga pengaturan HP ke semula seperti saat pertama kali diaktifkan.

Jadi sebelum melakukan cara ini, pastikan kalian mem-backup data-data penting terlebih dahulu. Setelahnya, barulah reset HP.

Silakan buka menu Pengaturan > klik Sistem > Opsi reset > Reset ke setelan pabrik > Hapus semua data.

Reset HP

Perbaiki ke yang ahlinya

Apabila kamu tidak ingin me-reset HP karena dapat menghapus semua data, bisa mencoba memperbaiki HP ke tukang servis terpercaya.

Konsultasikan permasalahan pada HP kalian dan nantinya mereka akan memberikan beberapa opsi yang bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.

Disarankan mendatangi tukang servis terpercaya dan sudah ahli di bidang memperbaiki handphone.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Fast Charging Vivo Agar Pengisian Baterai Lebih Cepat

Cara mengatasi HP Vivo restart sendiri sudah selesai kami bahas untuk kalian. Bagaimana caranya sangat mudah untuk dipraktikkan, bukan? Semoga bermanfaat!

Berita dan artikel HP Vivo Restart Sendiri Secara Berulang? Atasi dengan Cara ini muncul pertama kali di Rancah Post