Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VIRAL Kondisi Terkini Savana Bromo Usai Kebakaran Hebat, Jadi Lautan Abu!

Viral Video, RANCAH POST – Linimasa media sosial masih diramaikan dengan unggahan yang memperlihatkan kondisi savana Gunung Bromo saat ini setelah dilanda kebakaran hebat.

Seperti diketahui, kebakaran itu terjadi di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukti Teletubbies di Gunung Bromo pada Rabu, 6 September 2023 lalu.

Kebakaran hebat yang menghanguskan puluhan hektar lahan itu diakibatkan oleh pemicu api flare yang dinyalakan oleh pengunjung ketika melakukan foto prewedding di lokasi tersebut.

Hijaunya savana Bromo pun seketika lenyap dan berubah hangus hingga tanahnya menghitam. Video kondisi terkini savana Gunung Bromo setelah kebakaran pun ramai dibagikan oleh sejumlah akun, salah satunya akun Instagram @bromocreative.

“-+ 50 Hektar Savana Bromo Ludes terbakar akibat ulah manusia yang gak ngotak , Ekosistem flora dan fauna pun rusak . Semoga Savana bromo kembali pulih dan menghijau kembali seperti dulu lagi 🥹 tulis akun tersebut di kolom caption.

Akun tersebut membagikan beberapa video, ada yang diambil menggunakan drone dan hingga menggunakan kamera biasa.

Dalam video, terlihat kondisi savana Gunung Bromo begitu memprihatinkan. Lahan hijau yang dulunya indah, kini menjadi hitam.

Terlihat beberapa orang berada di lokasi tersebut ada yang mengendarai mobil hingga motor. Sepanjang perjalanan, rumput dan tanaman di Savana Bromo hangus nyaris tak tersisa.

Hanya ada sisa-sisa pohon yang masih berdiri dengan daun yang sudah berwarna coklat. Sementara di sekelilingnya rerumputan telah hangus dan menyisakan tanah saja.

Diketahui kebakaran yang melanda savana Gunung Bromo berhasil padam setelah hujan turun dari Rabu, 13 September 2023 malam hingga Kamis, 14 September 2023 siang.

Hujan membuat kebakaran padam sepenuhnya, termasuk juga di area savana yang terbakar pertama kali.

Video yang memperlihatkan kondisi savana Bromo usai kebakaran itu kini viral dan banyak diunggah ulang oleh akun di berbagai platform media sosial.

Warganet yang melihat video itu merasa sangat sedih, mereka berharap Bromo dapat segera pulih kembali.

michi.tomoya, “Cuma mau nanya, gimana tuh perasaan si calon pengantin liat beginian, apa merasa bangga krn jd omongan Nusantara, atau merasa sedih, atau B aja 😩 walaupun sdh tutup akun, aku nggak yakin dia maun sosmed.”

megapertiwi31, “Astaghfirullah haladzim kerusakannya 😢 butuh berapa lama ini untuk recovery, sedih banget liatnya.”

dhandayani35, “Bromo secantik itu jadi gitu , cuman gara gara priwedding !, udah ada api malah diem , sekarang semua bisa , diedit aja napa sihhh.”

BACA JUGA: Bukit Teletubbies Bromo Kebakaran Diduga Gegara Pasangan Nyalakan Flare Saat Prewed

joely_sweety, “Lekas pulih Bromo 🥺 berikan kami keindahanmu yang lebih lebih dan lebih dari sebelumnya.”

Berita dan artikel VIRAL Kondisi Terkini Savana Bromo Usai Kebakaran Hebat, Jadi Lautan Abu! muncul pertama kali di Rancah Post