Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Life Raft yang Harus Kamu Tahu

Teruntuk kamu yang sering bepergian dengan menggunakan sebuah kapal, maka tentunya kamu sudah tidak asing lagi melihat benda yang berbentuk tabung berwarna putih berada di gelandang kapal.

Kamu tahukah kamu apa benda tersebut kan untuk apa fungsinya? Penasaran ingin mengetahuinya, bisa langsung saja simak dibawah ini.

Benda yang berbentuk tabung berwarna putih ini merupakan salah satu alat penyelaman pada saat terjadi situasi darurat.

Nah, alat ini bernama inflatable liferaft atau yang sering disebut juga dengan liferaft.

Liferaft merupakan salah satu alat keselamatan kapal yang berbentuk perahu perahu karet dengan tenda pelindung yang sudah dilengkapi dengan berbagai alat untuk bertahan hidup.

Mulai dari alat pembersih sinyal, kotak P3K dan pembekalan darurat. Tahukah kamu bahwa alat tersebut dirancang supaya para pengguna dapat bertahan hidup selama satu minggu sebelum berhasil dievakuasi oleh regu penyelamat.

Karena alat tersebut menjadi salah satu alat darurat, makalah tersebut harus berada di tempat yang mudah untuk digapai.

Setelah kamu mengetahui apa itu liferaft ini, maka kamu juga harus tahu mengenai cara menggunakannya.

Sebenarnya cara menggunakan liferat ini terbilang cukup mudah dilakukan dan kamu dapat menggunakan yang baik itu secara manual maupun otomatis.

Lantas bagaimana cara menggunakan life raft? Teruntuk kamu yang penasaran ingin mengetahui tutorialnya bisa langsung saja menyimak penjelasan di bawah ini.

Cara Menggunakan Life Raft Secara Manual

Jika kamu ingin mengetahui cara menggunakan life raft secara manual, maka kamu tinggal melepaskan ikatan life raft tersebut dari kapal utama secara hati-hati.

Kemudian kamu tinggal memotong tali pengikat life raft dengan alat seperti kampak atau dengan cara mengendorkan sekrup penahan life raft.

Setelah itu kamu tinggal mencabut segel atau kunci pin life raft supaya dapat terlepas dari pengapung (buoy).

Jika sudah terjatuh ke laut nantinya life raft tersebut akan secara otomatis mulai mengambang. Kamu tidak perlu khawatir atau panik dan biarkan alat tersebut bekerja dengan sendirinya.

Masuki Life Raft Dengan Aman

Barulah setengah itu kamu tinggal masuk ke life raft, cara pertama yaitu lompat ke dalam air dan dekati life raft tersebut kemudian naik ke dalamnya dengan cara memegang tali yang ada pada pinggiran life raft.

Pastikan bahwa pada saat kamu melompat ke dalam life raft ini tidak ada penumpang lain yang berada di bawah.

Cara Menggunakan Life Raft Secara Otomatis

Selain secara manual ternyata life raft ini juga dapat diaktifkan dengan menggunakan komponen bawaan life raft yang bernama Hydrostatic Release Unit (HRU).

HRU ini merupakan salah satu komponen yang dapat mengembangkan life raft secara otomatis pada saat berada di posisi 4 m di bawah permukaan air.

Pada saat kapal tenggelam dan tekanan air meningkat, maka HRU ini akan akan merespon secara otomatis tekanan tersebut.

Namun jika tekanan air sudah mencapai tingkat tertentu, maka HRU akan secara otomatis memutus ikatan antara life raft dengan kapal.

Nantinya life raft ini akan terlepas dan mulai mengambang di permukaan air dan siap untuk digunakan.

Akhir Kata

Sekian penjelasan serta informasi yang dapat kami sampaikan, semoga cara menggunakan life raft yang kami bagikan di artikel kali ini bisa sangat membantu dan bermanfaat.