Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP Vivo Panas dan Baterai Cepat Habis? Simak Penyebab dan Cara Atasinya

HP Vivo panas dan baterai cepat habis menjadi permasalahan yang cukup sering dialami oleh banyak pengguna. Sepertinya kamu yang mengklik artikel ini menjadi salah satunya.

Ya, kamu pasti ingin mengetahui sebenarnya apa penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Karena jika dibiarkan terus-menerus, pasti akan berpengaruh terhadap penggunaan HP.

Ketika HP panas dan baterainya cepat habis, kita pun jadi tidak bisa menggunakan HP dalam waktu yang lama dan harus sering mengecas.

Hal ini pasti sangat menjengkelkan, kita tak bisa menggunakan HP secara maksimal apalagi ketika HP itu dibutuhkan untuk keperluan yang penting.

Vivo termasuk merek ponsel yang diburu oleh banyak pengguna. Hal itu pasti tak terlepas dari beragam hal menarik yang ditawarkan oleh ponsel tersebut.

Salah satu yang wajib menjadi pertimbangan adalah spesifikasi. Maka pengguna kerap mencari informasi spesifikasi tipe HP Vivo yang sedang diincar.

Sama seperti HP merek lainnya, HP Vivo juga kerap mengalami sejumlah permasalahan. Salah satunya adalah HP yang panas dan baterai cepat habis. Lantas, apa sebenarnya penyebab permasalahan itu terjadi?

Penyebab HP Vivo Panas dan Baterai Cepat Habis

Berikut ini beberapa penyebab HP Vivo kalian panas dan baterainya cepat habis yang wajib kalian ketahui.

Pemakaian yang berlebihan

HP Vivo panas dan baterainya cepat habis bisa disebabkan oleh pemakaian HP yang berlebihan. Menggunakan HP dalam waktu yang lama dan tanpa jeda bisa meningkatkan suhu pada HP tersebut, meski baterainya masih cukup banyak.

Hal tersebut karena seluruh komponen yang bekerja maksimal terlalu lama dan akhirnya membuat suhu HP melebihi batas normal.

Misalnya kalian sering menggunakan HP untuk main game selama berjam-jam tanpa jeda, sebaiknya hindari kebiasaan itu agar HP tidak panas.

Selain itu, bisa jadi penyebabnya karena kalian terlalu banyak membuat aplikasi dalam satu waktu yang akhirnya menyebabkan baterai jadi cepat habis dan HP panas.

Masalah pada hardware

Penyebab HP Vivo panas dan baterai cepat habis berikutnya bisa disebabkan oleh permasalahan pada hardware. Hal ini biasanya terjadi pada HP yang sudah dipakai beberapa tahun.

Performa sejumlah hardware seperti baterai dan CPU pun mulai menurun yang akhirnya membuat baterai cepat habis.

Susah sinyal

Apakah kamu sedang berada di lokasi susah sinyal saat HP Vivo panas dan baterai jadi cepat habis? Jika benar, kemungkinan itulah penyebab dari permasalahannya.

Pada saat data seluler tetap dihidupkan, sistem akan terus mencari jaringan sampai kondisi koneksinya stabil. Dan dalam prosesnya, komponen HP akan bekerja maksimal yang akhirnya membuat suhu HP jadi naik.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Vivo Agar Kembali Normal

Cara mengatasi HP Vivo panas dan baterai cepat habis

Berikut ini beberapa cara mengatasi HP Vivo panas dan baterainya jadi cepat habis yang bisa dipraktikkan dengan mudah oleh semua pengguna.

Istirahatkan HP usai main game

Hindari menggunakan HP secara berlebihan, apalagi dalam waktu berjam-jam tanpa jeda. Kebiasaan buruk itu dapat berpengaruh terhadap kesehatan baterai dan komponen di HP.

Ketika suhu HP mulai meningkat, segera istirahatkan HP dengan membiarkannya selama beberapa menit sampai suhunya kembali normal.

Bersihkan ruang penyimpanan

Cara mengatasi HP Vivo panas dan baterai cepat habis berikutnya adalah membersihkan ruang penyimpanan pada HP tersebut.

Bersihkan cache, file-file hingga aplikasi tidak penting pada HP. Jika masih bingung dengan cara membersihkan cache pada HP Vivo, silakan klik link ini untuk melihat tutorialnya.

Jangan gunakan HP saat dicas

Apakah kamu sering menggunakan HP saat dicas? Mulai sekarang jangan lakukan hal itu lagi karena bisa membuat HP menjadi panas.

Tak hanya itu saja, waktu mengisi daya baterai pun jadi lebih lama. Agar pengisian baterai jadi lebih cepat, kamu bisa mematikan data seluler, atau mematikan daya HP.

Biarkan HP sampai baterainya penuh dan siap digunakan kembali untuk berbagai keperluan.

Update sistem

Cara mengatasi HP Vivo panas dan baterai cepat habis berikutnya bisa degan meng-update sistem. Cara ini sangat penting untuk dilakukan apalagi jika sebelumnya kamu belum pernah melakukan update.

Update sistem bisa mengatasi bug pada versi sebelumnya. Bug atau error lainnya bisa berpengaruh terhadap performa HP kita.

Klik link ini untuk melihat cara update sistem di HP Vivo dengan mudah dan cepat. Proses update tak memakan waktu lama, hanya saja pastikan baterai dan koneksi internetnya stabil.

Matikan GPS dan bluetooth

Pastikan semua fitur yang sudah tidak digunakan telah dinonaktifkan. Misalnya, GPS dan bluetooth. Jangan biarkan fitur tersebut tetap aktif karena bisa membuat sistem bekerja lebih keras yang akhirnya menyebabkan HP cepat panas.

Apabila fitur itu diperlukan lagi misalnya untuk melacak lokasi dan mengirim file, kamu tidak mengaktifkan ulang karena caranya sangat mudah.

BACA JUGA: Cara Meningkatkan Performa HP Vivo Saat Main Game, Anti Ngelag!

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi HP Vivo panas dan baterai cepat habis. Semoga dengan tata cara di atas, dapat membantu mengatasi permasalahan pada HP kalian.

Berita dan artikel HP Vivo Panas dan Baterai Cepat Habis? Simak Penyebab dan Cara Atasinya muncul pertama kali di Rancah Post