Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Notifikasi Facebook di Halaman dan Berbagai Perangkat

Cara mengatur notifikasi Facebook di aplikasi ataupun desktop bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah. Kamu bisa mengatur notifikasi sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan pemberitahuan yang diterima.

Dengan mengetahui cara mengatur notifikasi di Facebook, akan membantu pengguna untuk tetap menerima pemberitahuan terakhir atau membatasi penggunaan aplikasi tersebut agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk kamu yang ingin mengatur notifikasi aplikasi Facebook pada perangkat dan halaman Facebook bisa coba dengan simak artikel berikut ini hingga selesai.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Earphone Bluetooth Tidak Terhubung

Cara Mengatur Notifikasi Facebook pada Perangkat

Dirangkum dari buku dengan judul Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak oleh Herman Tolle, dkk, notifikasi merupakan sebuah pesan atau informasi dari suatu program apk yang ditampilkan di luar antarmuka pengguna yang secara normal dikendalikan oleh sistem.

Pada media sosial milik Meta ini, FB memungkinkan pengguna untuk mengatur jenis notifikasi yang diterima tentang pembaruan aktivitas akun Facebook yang dimiliki.

Pusat Bantuan Facebook pun mengatakan, notifikasi aplikasi Facebook pada perangkat desktop ataupun seluler ini dibagi menjadi tiga, yaitu notifikasi peringatan merah, notifikasi email, dan notifikasi otomatis.

Notifikasi peringatan merah merupakan pemberitahuan yang muncul di atas tanda lonceng aplikasi. Saat ada aktivitas baru, pengguna akan menerima notifikasi baru yang muncul di balon merah dengan jumlah angka yang diterima oleh sistem.

Sedangkan, notifikasi email merupakan pemberitahuan aktivitas akun yang diterima melalui email, sementara notifikasi otomatis adalah pemberitahuan yang muncul saat pengguna tidak aktif menggunakan aplikasi Facebook.

Sebagai catatan, pengguna tak bisa menonaktifkan semua notifikasi Facebook baik pada versi desktop maupun seluler.

Masih dari laman resmi yang sama, cara mengatur notifikasi Facebook yang ingin diterima pengguna untuk seluler atau desktop adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Facebook pada aplikasi maupun desktop.
  • Pastikan login ke profil pada akun terdaftar.
  • Klik Foto Profil di kanan atas Facebook.
  • Pilih Pengaturan dan Privasi.
  • Klik Pengaturan dan pilih Notifikasi di sebelah kiri.
  • Sesuaikan jenis notifikasi yang ingin diterima.
  • Selesai.

Cara Mengatur Notifikasi Facebook pada Halaman

Halaman Facebook adalah wadah untuk publik figur, pelaku bisnis, merek, organisasi agar terhubung dengan audience yang lebih luas dengan membagikan berbagai unggahan.

Masih dari sumber yang sama seperti di atas, tiap pengguna yang mempunyai halaman Facebook dapat mengelola pengaturan notifikasi pada Menu Pengaturan dan Privasi. Caranya bisa mengikuti petunjuk berikut.

  • Masuk atau login ke halaman Facebook yang terdaftar.
  • Setelah itu klik Foto Profil pengguna di bagian atas.
  • Klik Lihat Semua Profil dan pilih Halaman yang ingin dibuka.
  • Pada bagian kanan atas, klik foto Halaman yang dikelola dan klik Pengaturan dan Privasi.
  • Pilih menu Pengaturan dan klik Notifikasi di menu Kiri.
  • Pilih notifikasi halaman yang diterima. Pengguna juga bisa mengeklik ikon lonceng di bagian atas Facebook untuk menandai semua notifikasi sebagai sudah dibaca dan membuka pengaturan notifikasi.

Dengan mengatur halaman tersebut, pengguna bisa menerima pembaruan aktivitas dari akun dan halaman sesuai kebutuhan.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Fake GPS di iPhone Sesuai Keinginan

Nah, itulah cara mengataur notifikasi Facebook yang bisa kamu lakukan agar notifikasi tersebut tidak mengganggu.

Berita dan artikel Cara Mengatur Notifikasi Facebook di Halaman dan Berbagai Perangkat muncul pertama kali di Rancah Post