Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP Xiaomi Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? ini Solusinya

Di sini kami akan menjelaskan mengapa HP Xiaomi memori penuh padahal aplikasi sedikit dan memberikan cara mengatasinya.

Apakah HP Android kamu memiliki penyimpanan yang tidak mencukupi saat kamu ingin menggunakannya, padahal tidak terdapat banyak aplikasi?

Ketika masalah ini terjadi, apa yang seharusnya kamu lakukan? Di sini kamu akan mengetahui penyebabnya dan mempelajari cara mengatasinya.

Mengapa HP Xiaomi Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Seperti diketahui, memori internal perangkat Android tidak pernah sebesar yang terlihat.

Untuk HP Xiaomi dengan penyimpanan 32GB, banyak penyimpanan yang ditempati oleh sistem operasi seperti aplikasi bawaan, serta ruang yang terbuang berdasarkan cara OS memformat media penyimpanan.

Akibatnya, ketika mencoba menginstall atau memperbarui aplikasi di HP Xiaomi, mungkin diberi tahu bahwa penyimpanan yang tersedia tidak mencukupi, padahal aplikasi sedikit.

Meskipun aplikasi tersebut membutuhkan lebih sedikit ruang daripada yang sebenarnya tersedia di perangkat Android.

Namun, terkadang versi alternatif dari kesalahan serupa seperti “perangkat ini tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh” mungkin muncul saat mengunduh aplikasi.

Sebenarnya tersedia ruang penyimpanan yang cukup untuk memperbarui atau menginstal aplikasi yang kamu perlukan, tetapi tidak cukup ruang untuk menjalankan prosesnya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Berikut kami sajikan beberapa cara mengatasi HP Xiaomi memori penuh padahal aplikasi sedikit yang dapat kamu lakukan dengan mudah.

Solusi 1: Hapus Cache Aplikasi untuk Mengosongkan Ruang

Secara umum, kurangnya ruang kerja mungkin merupakan penyebab utama kurangnya penyimpanan yang tersedia untuk pengguna HP Xiaomi.

Biasanya, setiap aplikasi Android menggunakan tiga set penyimpanan untuk aplikasi itu sendiri, seperti file, data aplikasi, dan cache aplikasi.

Bagaimana cara menghapus cache aplikasi? Ikuti langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan layar beranda HP Xiaomi kamu, lalu buka Manajer aplikasi.
  • Kemudian kamu akan melihat semua aplikasi yang diunduh di perangkat Android kamu terdaftar serta berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan.
  • Ketuk Menu atau Lainnya untuk mengurutkan aplikasi ini berdasarkan ukuran untuk memeriksa mana yang paling banyak menggunakan penyimpanan.
  • Ketuk aplikasi tertentu untuk melihat ruang penyimpanan yang ditempati oleh aplikasi, datanya (bagian Penyimpanan) dan cache ( bagian Cache).
  • Ketuk “Bersihkan Cache” untuk mengosongkan sebagian ruang.
  • Ulangi proses yang sama untuk setiap aplikasi.

Solusi 2: Pindahkan Gambar & Video ke Penyimpanan Eksternal SD Card

Foto dan video menghabiskan banyak penyimpanan di perangkat Android, untuk itu kamu dapat memperbaiki masalah kehabisan ruang penyimpanan Android dengan memindahkan gambar ataupun video kamu ke kartu SD.

Jika kamu sudah menyimpan foto dan video di penyimpanan internal HP, kamu harus memindahnya terlebih dahulu ke SD Card, setelah itu ubah penyimpanan default untuk gambar dan video ke kartu SD.

Untuk melakukan ini :

  • Buka Pengaturan > Pengaturan Kamera.
  • Kemudian, pilih Lokasi penyimpanan untuk mengubahnya ke kartu SD atau Kartu memori jika jalur penyimpanan default adalah Perangkat.
  • Dan ruang penyimpanan HP Xiaomi kamu akan bertambah kembali.

Solusi 3: Atur Ulang Perangkat ke Setelan Pabrik

Jika kamu telah mencoba semua solusi di atas tetapi masih mengalami kesalahan penyimpanan yang tidak mencukupi, kamu dapat memperbaiki masalah dengan mengatur ulang HP Xiaomi kamu ke setelan pabrik.

  • Buka Pengaturan.
  • Ketuk Sistem > Atur Ulang atau Cadangkan & setel ulang.
  • Ketuk Reset data pabrik dan Reset perangnat atau Reset tablet.
  • Jika diperlukan, masukkan PIN, pola, atau kata sandi kamu.
  • Terakhir, ketuk Hapus semuanya.
  • Selesai.

Perhatikan bahwa metode ini dapat menghapus semua data yang tersimpan di perangkat Android kamu, jadi sebaiknya kamu mem-backup data-data penting kamu terlebih dahulu.

Jika kamu lupa membuat cadangan sebelumnya dan kehilangan banyak file penting setelah reset pabrik, tentu itu akan menjadi hal yang mengecewakan.

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang HP Xiaomi memori penuh padahal aplikasi sedikit semoga membantu dan bermanfaat.