Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati? Simak Penyebab dan Cara Atasinya

Kenapa HP Vivo tiba-tiba mati? Pertanyaan itu pastinya membuat kalian penasaran dengan jawabannya. Kebetulan di artikel ini kami telah menyiapkan pembahasan lengkap mengenai penyebab sekaligus solusinya.

Jadi, kamu tidak hanya mengetahui penyebabnya namun sekaligus juga bisa segera mengatasinya agar hal itu tidak terus-terusan terjadi.

Ada banyak permasalahan yang kerap terjadi pada HP dan membuat kita sebagai pengguna merasa terganggu. Ya, penggunaan HP pun jadi tidak maksimal, baik untuk chatting, main game, membuka media sosial dan lainnya.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah HP yang tiba-tiba mati sendiri. Hal itu bisa terjadi karena banyak faktor, bisa bersumber dari software maupun hardware.

Agar tak kebingungan dan penasaran lagi tentang penyebab dari permasalahan tersebut, langsung saja kalian simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati?

Sebelum ke cara mengatasinya, tentu kita bakal membahas penyebab-penyebab HP Vivo kalian mendadak mati dengan sendirinya. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan HP Vivo mendadak mati.

Baterai habis

Penyebab yang pertama dan yang memungkinkan membuat HP kalian mendadak mati adalah baterainya yang habis. Kalian mungkin tidak menyadari jika daya baterai sudah sangat rendah dan perlu segera di-charge.

Namun karena keadaan tertentu, proses charge pun tidak bisa dilakukan sampai akhirnya HP pun malah mati secara tiba-tiba. Jika penyebabnya karena hal ini, silakan lakukan pengisian ulang agar HP bisa dinyalakan lagi.

Overheat

Overheat atau suhu HP yang terlalu panas bisa menjadi penyebab kenapa HP Vivo kalian tiba-tiba mati padahal baterai masih banyak.

Overheat bisa disebabkan oleh penggunaan HP yang berlebihan. Hal itu terjadi lantaran aplikasi menggunakan kinerja prosesor yang tinggi yang membuat suhunya menjadi panas.

Reset otomatis

Kemungkinan berikutnya bisa karena perangkat kalian melakukan reset otomatis. Sehingga perangkat mun mati dengan sendirinya tanpa kamu ketahui. Reset otomatis biasanya terjadi karena HP sudah digunakan terlalu lama.

Fitur jadwal nyalakan dan matikan HP aktif

Sejumlah HP sudah dilengkapi dengan fitur jadwal on/off, sehingga kita bisa menyalakan dan mematikan HP secara otomatis pada waktu yang sudah ditentukan.

Cek apakah fitur tersebut aktif atau tidak untuk memastikannya. Jika aktif, kamu bisa menghapus schedule-nya agar HP tidak mati lagi secara tiba-tiba.

Virus

Penyebab kenapa HP tiba-tiba mati dengan sendirinya bisa terjadi karena adanya gangguan perangkat lunak akibat bug firmware maupun virus.

HP yang terkena virus bisa berjalan lambat, menguras baterai hingga menyebabkan ketidakstabilan pada sistem. Alhasil, perangkat pun mendadak mati dengan sendirinya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android (Vivo, Xiaomi, Oppo, Samsung)

Cara mengatasi HP Vivo tiba-tiba mati

Setelah mengetahui penyebab kenapa HP Vivo tiba-tiba mati, sekarang giliran ke pembahasan mengenai cara mengatasinya. Yuk langsung simak tata caranya!

Dinginkan HP

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi HP Vivo tiba-tiba mati sendiri adalah dengan mendinginkan HP. Cara ini ampuh apabila penyebabnya karena HP yang terlalu panas atau overheat.

Hentikan sejenak aktivitas kalian dalam memainkan HP, biarkan HP sampai suhunya kembali normal. Agar permasalahan ini tak terjadi lagi, hindari menggunakan HP secara berlebihan hingga membuatnya sangat panas.

Masuk mode aman

Cara berikutnya adalah masuk ke mode aman. Cara ini dilakukan untuk memastikan penyebab HP Vivo mendadak mati karena masalah aplikasi atau masalah lainnya.

Ketika berada pada mode aman, maka semua game dan aplikasi pihak ketiga tidak akan tampil. Hanya akan ada aplikasi bawaan saja yang muncul dan bisa kalian akses.

Jika setelah masuk mode aman HP kalian bisa berjalan dengan normal, itu artinya ada aplikasi atau game yang bermasalah dan perlu dihapus.

Untuk masuk ke mode aman, silakan restart HP, lalu masuk booting dan tahan volume bawah. Kalian pun berhasil masuk ke safe mode. Untuk keluar dari safe mode, silakan klik link ini.

Uninstall aplikasi tak penting

Solusi untuk mengatasi kenapa HP Vivo tiba-tiba mati berikutnya bisa dengan menghapus aplikasi-aplikasi tidak penting yang ada di HP kalian untuk mengurangi penggunaan RAM dan membuat ruang penyimpanan lebih lengang.

Bisa jadi HP kalian tiba-tiba mati karena kehabisan memori RAM atau memori internal yang penuh. Silakan sortir dan hapus aplikasi atau game yang sekiranya tidak penting serta tidak digunakan lagi.

Update sistem

Apakah kamu sangat jarang atau tidak pernah memperbarui sistem operasi di HP Vivo yang digunakan? Jika iya, cobalah untuk melakukan update sistem agar terhindar dari permasalahan dan bisa menikmati fitur terbaru.

Cara update sistem HP Vivo sudah pernah kami bahas, prosesnya memang membutuhkan waktu beberapa menit. Namun ini sangat penting untuk pemutakhiran sistem, silakan klik link ini untuk melihat tutorialnya.

BACA JUGA: HP Vivo Panas dan Baterai Cepat Habis? Simak Penyebab dan Cara Atasinya

Sekian pembahasan kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi kenapa HP Vivo tiba-tiba mati dan hanya muncul logo atau benar-benar mati dan layarnya blank hitam. Semoga bermanfaat!

Berita dan artikel Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati? Simak Penyebab dan Cara Atasinya muncul pertama kali di Rancah Post